Lifestory : Magang di PLN Pusat

11:23 PM

Hai!
Akhirnya bisa update lagi. 
Baru selesai magang nih. Yes, selama 1,5 bulan aku magang di salah satu BUMN terbesar di Indonesia, yaitu PLN (Persero) Kantor Pusat. Kantornya ada di kawasan Blok M tepatnya di Jalan Trunojoyo :)

Terus, apa nih yang mau diceritain? Hehehe.

Awalnya sih aku sempet bingung ya mau magang dimana, karena terkadang aku orangnya suka minderan sama diri sendiri, suka gak pedean gitu.

Startnya emang aku termasuk santai sih.. Tapi worry :p
Dan ternyata malah aku yang dapet magang duluan dibanding temen-temenku. Selain duluan, tempat magangnya juga worth it, yahud lah gitu.

Aku ngajuin magang ke PLN Pusat ini jauh-jauh hari sebelum target bulan apa aku melaksanakan magang. Yes, kalo kamu mau magang ke perusahaan-perusahaan besar, tips pertamanya adalah ajukan proposal magang secepat mungkin. As soon as possible, sob.

Target aku magang bulan September, aku ngajuin tiga bulan sebelumnya yaitu Juni. Eh, malah langsung disuruh magang saat itu juga. Padahal waktu itu masih ada kuliah, jadi ya tetep nego untuk bisa magang bulan September.

Aku magang di bagian Humas / Bidang Komunikasi Korporat PLN Pusat. 
Seneng banget deh bisa magang disana. 

Gedung utama PLN Pusat, Jakarta Selatan
Mungkin magang di Kantor PLN udah mainstream lah ya katanya, tapi tidak kalau di PLN Pusat!
Gila bok, kerjaannya menyeluruh banget, deh. Hampir semua mata kuliah yang aku pelajarin kepake saat magang. Kerjaan kita gak monoton, tapi santai! (Ini gue maksud santai karena gue emang suka kali ya ngerjainnya, jadi seribet apapun tetep aja santai) :p

Kenapa menyeluruh, kenapa gak monoton?
Ya karena stakeholdersnya PLN Pusat bukan cuma pelanggan listrik dan pemerintah di regional aja seperti PLN di wilayah atau unit2. 

Kalau PLN Pusat, lebih menekankan juga ke pegawainya (internal), bahkan internalnya itu pegawai PLN di seluruh Indonesia. Bayangin, seluruh Indonesia~:|

Untuk stakeholders eksternalnya, gak cuma pelanggan yang dilayanin, tapi juga media/pers, pemerintah, Dirjen Ketenagalistrikan, Kemen BUMN, Kemen ESDM, buanyak banget deh dan aku merasa sangat beruntung bisa cari ilmu disitu.. 

Itulah yang bedain cakupan kerjanya PLN Pusat sama PLN Unit/Wilayah..
Tapi, bukan berarti di PLN Unit kerjanya gak worth it, loh!
Kebetulan ada dua orang temen aku yang magangnya dalam waktu yang barengan. Bedanya aku di PLN Pusat, satunya lagi di PLN Jogja, satunya lagi di PLN Solo.
Bahkan sebagai anak magang, kita saling berkoordinasi juga saat itu. Happy!


Hmm, mungkin aku gak akan cerita banyak di blog ini. Gileeeey, magang 35 hari kerja hampir setiap harinya ada cerita, beda-beda jobdescnya sebagai humas, ya internal ya eksternal semuanya dapet alhamdulillah! Kalo mau dijabarin di blog, satu hari aja bisa jadi beberapa postingan sis :p

Dari PLN Pusat ini aku bisa banyaaaaaaaaaak banget belajar tentang kode etik dan profesi Humas. Aku jadi tau tentang gimana sih kinerja Humas yang sebenarnya. Semoga semua ilmu yang aku dapetin bisa aku terapkan kedepannya dan bisa bermanfaat buat orang banyak.

BIG BIG BIG BIG THANKKKSSSS untuk bapak, ibu, kakak yang ada di Humas PLN Pusat yang selama ini udah bantuin aku, ngajarin aku, ngasih kerjaan aku, percayain aku untuk ngehandle sesuatu, dan pastinya udah membimbing aku sehingga aku bisa jadi pribadi yang lebih matang :)
Tons of love! Aku gak akan pernah bisa bales kebaikan kalian, tapi aku selalu berdoa semoga semua kebaikan kalian digantikan dengan pahala yang luar biasa dari Allah ta'ala :)

Nah, cerita lebih lengkap tentang magang aku bisa dilihat disini ya. 
Alhamdulillah featured di salah satu web cetarrr membahana bhadayyy yang bahas tentang dunia pendidikan khususnya perkuliahan. Yes, berkuliah.com! Thank you for having me :)

For more stories, check http://www.berkuliah.com/2014/11/pengalaman-magang-di-pln-intantya-purwoko-putrie.html
See you soon, buddies!
I'm so blessed. Alhamdulillah.

You Might Also Like

16 Comments

  1. Boleh minta kontaknya? Saya mau tanya kalo mau magang di PLN pusat harus email dulu atau langsung datang ke kantor? Mohon dibalas. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung datang ke kantor aja, lantai 11 bagian HRD :)

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. Kak kalo ngirim berkasnya via email bisa ga ya? Atau mending dateng ke kantornya tapi dengan posisi belom bawa surat pengantar dan proposal. Mohon bantuannya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Usahakan jangan via e-mail. Mendingan langsung dateng aja temuin HRD-nya ya, langsung bawa surat pengantar dari kampus/fakultas disertai dg proposal :)

      Delete
    2. dapet uang saku ga kalo magang di pln pusat?

      Delete
  5. Hello kak,untuk magang disana syaratnya apa aja ya kak? Btw aku juga anak PR, so cerita kakak bermanfaat banget buat aku

    ReplyDelete
  6. Btw boleh minta e-mail atau pin atau apapun deh kak,untuk nanya sama kakak secara personal? Thank u

    ReplyDelete
  7. Kak kak, proposal magangnya berisi apa aja ya sebaiknya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Latar belakang singkat, tujuan, program kerja, berapa lama magang, penutup :)

      Delete
    2. Magang di PLN kerjaannya ada apa aja yaa??
      Maksudnya ngerjain apa aja?

      Delete
  8. Halo kak intan, aku juga ada keinginan untuk magang dipln nih kak. Kalau kakak bersedia bisakah aku mnta contoh proposal yg kakak ajukan wkt itu? ini email ku kak adelynscherie@gmail.com Karna aku pengen bgt magang di pln kak.Btw aku jg anak PR kak hihi aku sangat berterimakasih atas bantuan kakak untuk meberikan contoh proposalnya.... salam kenal ya kak :)

    ReplyDelete
  9. ka pas magang di pln dapet sertifikat gak ?

    ReplyDelete
  10. kak boleh liat isi proposal magangnya bagaimana ?
    email aku refli.maulana12@gmail.com
    makasih kak infonya.

    ReplyDelete