Lima Sukses Ramadhan; Langkah Menuju Kemenangan

12:14 AM

Assalamualaikum, beautiful souls! How's life? Semoga puasa Ramadhannya selalu lancar jayaaa! Dan benar-benar membuat kita merasa "menang" di Hari Raya Idul Fitri nanti.

This post is about my personal thoughts about Ramadhan dan kaitannya dengan Idul Fitri sebagai hari kemenangan. Hmm, pengen sharing aja sih sebenernya.

Ramadhan buatku adalah moment yang aku tunggu-tunggu banget. Kalo dirasain, setiap bulan Ramadhan itu suasananya juga beda kayak bulan-bulan biasa kan, ya.. Kayak ada manis-manisnya gitu.. Hehe. Pokoknya, beda, deh! 

Selain suasana yang terbangun (dimanapun) lebih relijius, suasana hangat, ramah, saling menghargai dan saling membantu pada siapapun, kapanpun dan dimanapun tuh  juga lebih terbangun! Ya.. semoga Ramadhan selalu membawa berkah untuk kita semua, nggak cuma saat puasa aja tetapi juga bisa terbawa ke bulan-bulan berikutnya, yang akhirnya bisa menjadi habit atau kebiasaan baik untuk kita sebagai manusia.

Ramadhan selalu bikin kangen! Suasananya yang istimewa bikin kita selalu rindu ramadhan. Selain itu, bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh ampunan. 

Dan itulah salah satu kefadholan (keutamaan) Ramadhan, dimana pahala atas perbuatan baik yang kita lakukan akan dilipatgandakan, dan ampunan-ampunan atas hal-hal buruk baik sengaja maupun tidak disengaja akan diberikan seluas-luasnya dari Yang Maha Pengampun, Allah Azza Wa Jalla..

"مَنْ صَامَ رَمَضَانَ اِيْمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَلَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ"


"Barang siapa yang berpuasa karena iman dan mengharap pahala (ridho Allah), maka diampuni dosa-dosanya yang terdahulu." (HR. Bukhari)


Hadist di atas menguatkan bahwa apapun itu, bergantung pada niat. Berasal dari hati nurani yang paling dalam. 

Tapi.. Kita juga nggak semata-mata cuma mengandalkan niat. Ada awal (dalam hal ini niat) maka ada pula akhir, yang dalam hal ini adalah eksekusi dari niat kita. 

Tugas kita, adalah bagaimana menjalankan niat sesuai dengan syari'at Islam dengan sebaik-baiknya dalam suatu tindakan yang bermanfaat bagi diri kita sendiri, orang lain, dan hubungan kita kepada Allah (hablumminallah).

Ya... Itu lah kenapa aku bener-bener mengistimewakan Ramadhan dalam hidupku. Saking istimewanya, aku selalu berusaha untuk semaksimal mungkin supaya Ramadhan ini nggak berlalu dengan sia-sia, ya lewat begitu aja.

Ada istilah yang sering kita pakai untuk senang-senang, #YOLO atau yang artinya You Only Live Once. Yes, only once! 

Jadi, kalau nggak dipake untuk ibadah, lantas hidup kita untuk apa?
Bahwasanya, hidup yang kita jalani sekarang, bukan berlaku untuk saat ini saja. Akan ada kehidupan setelah masa kita di dunia. Bener, kan? :)

Istilah kasarnya begini, 

"Aku nggak mau jadi orang yang ke-pede-an, menganggap sudah pasti akan ketemu Ramadhan lagi tahun depan. Umur siapa yang tahu? Kalaupun Allah memberikan umur yang masih sangat panjang, tidak ada ruginya memaksimalkan ibadah di setiap waktu yang dimiliki, apalagi di bulan Ramadhan. Semoga Allah senantiasa memberikan kita waktu yang panjang, Amiiin.."

Salah satu ibadah yang wajib dilakukan adalah Puasa Ramadhan. Terkadang, ibadah yang satu ini emang bikin banyak orang (mungkin kadang ya termasuk saya) suka mengeluh.. Tapi cobalah kita lihat bagaimana hal ini bisa menjadi suatu ibadah yang wajib, yang seharusnya kita bisa mengerti bagaimana manfaat dan kefadholan orang yang puasa. Yang salah satunya adalah : doanya didengar dan dikabulkan.

Jadi, kembali lagi pada niat awal dan eksekusi di akhir. Kalau puasanya benar-benar maksimal dan barokah, insyaAllah, apapun yang kamu minta dan sampaikan lewat doa, akan didengar, dikabulkan oleh Allah bilamana kita mempersungguh :')

Syukur-syukur bisa memaksimalkan ibadah-ibadah sunnah lainnya. Khatam Al-Qur'an, Tarawih, I'tikaf, Shalat sunnah rawatib, Tahajud, dan shalat sunnah lainnya. Allah menyediakan banyak cara untuk menghapus dosa-dosa kita. dan menapaki jalan menuju surga. Kenapa kita sering menyia-nyiakannya.. #selfreflection

Kasarnya lagi begini, deh.

"Saya yakin, saya bukan orang yang sempurna. Saya banyak dosa. Hidup saya cuma sekali, ya mudah-mudahan waktunya masih sisa banyak. Jadi, saya harus memanfaatkannya dengan ibadah agar dosa-dosa saya bisa terhapus dengan pahala yang saya timbun."

Ya, jadi gitu dari saya tentang istimewanya Ramadhan..
Memaksimalkan ibadah, untuk memohon ampunan.
Memaksimalkan ibadah, untuk memperdalam keimanan dan ketaqwaan..
Memaksimalkan ibadah, untuk mendapatkan pahala sebagai tabungan di akhirat..
Memaksimalkan ibadah, agar bisa menjadi sebuah kebiasaan untuk seterusnya, seterusnya dan seterusnya..

"When everybody being crazy about their midnight sale, 
I'm so excited to preparing i'tikaf 
in the end of this Ramadhan season."

Dan sebagai prioritas, ada lima hal yang dianggap sebagai kunci sukses dari Ramadhan. Hal ini penting banget, sebagai panduan kita untuk melewati 30 hari di bulan Ramadhan. Nah, saya akan share kunci sukses Ramadhan tersebut dengan tips-tips dari saya. Ijin ya...

1. Sukses Puasa
Puasa Ramadhan yang kadang bikin orang mengeluh. Supaya nggak kerasa lapar dan hausnya, banyakin aktivitas yang bermanfaat dan syukur-syukur memang bisa mendukung kegiatan Ramadhan kita. Kembali lagi ke niat awal, dan berdoalah untuk ditetapkan dalam iman dan niat yang kuat :D

Ini kan sifatnya wajib, kalau mokel (buka puasa sebelum waktunya) tau kan... hukumnya apa :p Jadi, dimaksimalkan juga wajib! Bukan hanya sebatas menahan lapar dan haus, tapi juga menahan diri dari perbuatan-perbuatan yang mengurangi atau bahkan menghilangkan amalan kita. Oh ya, harus didukung dengan shalat wajib yang tepat waktu juga, ya. Semoga kita semua selalu bisa, insya Allahh..

2.  Sukses Tarawih
Selain puasa wajib, ibadah ini juga identik dengan Ramadhan. Yaiyalah, kan cuma bisa dilakuin saat Ramadhan aja~

Jangan mengeluh karena rakaatnya banyak, atau karena perut kita yang masih penuh dengan santapan berbuka. Ingatlah momen ini begitu istimewa, masa iya mau dilewatin gitu aja :D

3. Sukses Lailatul Qadr
Malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Malam yang ditunggu-tunggu oleh semua umat muslim karena ampunan begitu besarnya tercurahkan pada malam Lailatul Qadr ini. Begitu juga dengan pahala dan kefadholan-kefadholan lainnya yang datang pada malam Lailatul Qadr ini.

Lailatul Qadr turun di satu malam diantara 10 malam Ramadhan terakhir. Jadi, kalau masih mampu, sempat dan sehat.. I'tikaf di masjid, yuk! Tadarus, dzikir, mengaji.. Bareng sama temen-temen juga seru :D

Lailatul Qadr ini juga cuma ada di bulan Ramadhan. Sayang banget kalau terlewatkan begitu aja. Hehe.

4. Sukses Tadarus
Diusahakan minimal khatam Al-Qur'an 1x selama 30 hari di bulan Ramadhan. Syukur-syukur kalau bisa lebih.. Caranya, setiap habis sholat wajib, paling tidak 5-8 ruku'.

Terus sebelum tidur (setelah wudhu) juga jangan lupa. Itung-itung sekalian doa penjagaan selama kita tidur :D

Abis sahur sembari nunggu subuh (biar gak tidur lagi) juga waktu yang lumayan.. :))

5. Sukses Zakat
Merayakan kemenangan di hari Idul Fitri, karena kita sudah dianggap sebagai pemenang, maka kita juga harus berbagi :)

Salah satunya adalah melalui zakat yang wajib hukumnya :)
Kerjakan dengan niat karena Alloh, insyaAllah barokah. 

Nah, itu dia lima prioritas ibadah buatku selama bulan Ramadhan. Dengan mengacu pada lima prioritas ibadah tersebut, setidaknya waktu-waktu kita selama bulan Ramadhan nggak terbuang gitu aja. Emang sih, tidurnya orang puasa adalah ibadah juga.. Tapi kan.. Alangkah lebih baiknya kalau digunakan untuk yang lebih bermanfaat :D

Kalau lima prioritas ibadah udah tercapai.. Layak nggak sih, kita disebut sebagai pemenang?
Absolutely :)

Dan jangan lupa mengucap syukur, karena Allah masih memberikan kita kesadaran akal, batin dan hati nurani untuk terus memperbaiki diri. Ramadhan Karim.. Semoga kita aku, kamu, kita semua... Especially for everyone who read this thought...

Bisa menjadi pemenang yang sesungguhnya di Hari Suci nanti..

Bisa merayakan kemenangan dengan sebesar-besarnya, karena kebaikan kita yang membuat kita kembali suci..

Alhamdulillah jazaa kumullohu khoiro.. 
Keep up the spirit high for this Ramadhan.. :)

I wore Bird Pattern Syar'i by @iftabutik (Instagram)
Shoes by St. Yves

You Might Also Like

5 Comments

  1. First of all, blognya cantik banget.
    Sederhana, tapi flowery, aku sukaaa :))
    Anyway, sukses lailatul qadr bikin agak sedih nih, secara karena kelebihan perempuan yang satu 'itu' membuatku malah bolong di hari-hari terakhir ini :(
    Semoga sukses ramadhannya ya, Inantya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Mbak Prima. Terima kasih sudah mampir :)
      Iya nih, kebetulan aku juga lagi pas kedapetan 'giliran' pas hari pertama i'tikaf. Mudah-mudahan sisanya masih bisa ikut i'tikaf hihi...
      Sukses juga ya Ramadhannya, Mbak! :D anyway, aku udah follow blognya. Followback boleh kali ya :D

      Delete
    2. aslamu alaikum wr wb..
      bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis
      dan berbagi kepada teman2 melalui tempat ini,
      sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
      dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
      namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
      hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
      akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 600 juta ,
      saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 3 orang masih sekolah di smp / sma dan juga anak sememtarah kuliah,tapi suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anaka-naknya ditengah tagihan hutang yang menumpuk,
      demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
      ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
      dan bercerita kepadanya, alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
      dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan K.H. Tambring Abdullah hidupnya kembali sukses,
      awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir
      dan melihat langsung hasilnya, `
      saya akhirnya bergabung dangan mengunjungi website di www.danainstan.xtgem.com semua petunjuk K.H. Tambring Abdullah saya ikuti dan hanya 1 hari astagfirullahallazim,
      alhamdulilah demi allah dan anak saya,
      akhirnya 5m yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
      semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
      kini saya kembali sukses terimaksih K.H. Tambring Abdullah saya tidak akan melupakan jasa aki.
      jika teman teman berminat, yakin dan percaya insya allah,
      saya sudah buktikan demi allah silakan kunjungi website di www.danainstan.xtgem.com atau KLIK DISINI

















































































































      Delete
  2. Poin no 4 ni yang paling saya tunggu2...

    ReplyDelete